Wisata Unik Kalang Hadangan Nagara Kalimantan Selatan

Kerbau Rawa di Kalang Hadangan Nagara

Kalang Hadangan berasal dari bahasa Banjar, Kalang berarti Kandang sedangkan Hadangan adalah Kerbau. Kandang Kerbau ini lebih familiar dengan sebutan Kalang Hadangan, Unik nya Kalang Hadangan yang ada di Nagara ini terletak di tengah-tengah perairan bukan di daratan yang kering. Kerbau yang di ternakkan disini pun tidak sembarang Kerbau, hanya Kerbau jenis Rawa atau yang di sebut juga dengan Bubalus Bubalis yang memiliki keahlian dalam berenang dalam kondisi air yang cukup dalam.

Kalang Hadangan ini tersebar di 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Daha Selatan, Daha Barat dan Daha Utara. Namun Kalang Hadangan yang terdekat dan sering di kunjungi wisatawan lokal maupun luar kota adalah Kalang Hadangan yanng terletak di Desa Pandak Daun, Kecamatan Daha Utara, Kabupaten Hulu sungai Selatan. karena tempat nya yang cukup strategis, hanya di perlukan sekitar 45 menit dengan menggunakan Perahu atau Kelotok.

Meskipun tidak terdaptar di brosur Kabupaten Hulu Sungai Selatan sebagai salah satu Objek Wisata namun nyata nya Kalang Hadangan ini cukup terkenal. Karena banyak nya Tv swasta yang bergiliran meliput Kawasan Kalang Hadangan ini, menjadikan tempat ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan luar kota hingga wisatawan Mancanegara. selain itu, sekarang ini juga sudah banyak penyedia Jasa Travel yang menyediakan perjalanan wisata ke Kalang Hadangan.

Kalang Hadangan Nagara Kalimantan Selatan

Hadangan disini biasa berenang sepanjang hari, setiap pagi saat matahari mulai terbit mereka di giring dan di lepaskan ke lokasi tertentu untuk mencari makan dan setelah sore tiba mereka di giring kembali menuju Kalang mereka. Penggembala biasanya menggiring mereka dengan menggunakan Jukung (Perahu kecil) untuk menghalaunya ke tempat yang banyak rumput nya dan kemudian di tinggalkan seharian di tempat itu untuk mereka makan. setelah menjelang matahari terbenam, barulah mereka di giring kembali masuk Kalang. Kegiatan seperti ini rutin dilakukan oleh pengembala nya setiap hari.

Untuk anda yang ingin melihat langsung aktivitas Kerbau-kerbau rawa di Kalang Hadangan ini, berusahalah untuk datang ke Kalang hadangan pagi-pagi sekali saat matahari mulai terbit atau sore hari saat matahari mulai tenggelam. anda akan menemukan pemandangan yang luar biasa nanti nya, Pagi hari akan di temani Sunrise, sedangkan sore hari akan di temani Sunset. di tempat ini sangat bagus untuk menikmati kedua fenomena tersebut dan bahkan saat terjadi nya Gerhana Matahari, tempat ini menjadi salah satu tempat untuk melihat fenomena tersebut. Biasanya hadangan akan digiring keluar kandang sekitar jam 6 pagi dan baru masuk kandang kembali sekitar jam 5 sore.

Demikian sekilas tentang Wisata Unik Kalang Hadangan Nagara Kalimantan Selatan. Jangan lupa juga untuk mengunjungi Rumah Adat Bubungan Tinggi yang ada di Desa Habirau dan berziarah ke Masjid Jami' Ibrahim Nagara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini