Tari Tambun Bungai dan Tari Balean Dadas Kalimantan Tengah

Tari Tambun Bungai

Tari Tambun Bungai dan Tari Balean Dadas
Tari Tambun Bungai

Tari Tambun Bungai, berasal dari daerah Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Tarian ini merupakan tari yang mengisahkan kepahlawanan Tambun dan Bungai dalam mengusir musuh yang akan merampas hasil panen rakyat.

Tambun dan Bungai adalah pejuang di Kalimantan Tengah. Mereka adalah tokoh legenda suku Dayak ot Danum yang tinggal di tengah pulau Kalimantan khususnya wilayah Kabupaten Gunung Mas.

Tambun dan Bungai adalah saudara dari ayah mereka yang merupakan adik-kakak. Kedua orang ini, Tambun dan Bungai memiliki perasaan yang sama yaitu jika salah satu diantara mereka bersedih maka yang satu juga akan merasakan kesedihan yang sama seperti saudaranya. Keduanya memiliki karakter dan sifat yang sama. Mereka memiliki watak yang cerdas, lemah lembut, ramah, suka menolong, sedikit menerima dan banyak memberi, cepat kaki ringan tangan, bijaksana, dan pantang menyerah untuk membela kebenaran.

Salah satu peristiwa penting yang menjadikan Tambun dan Bungai sebagai pejuang di Kalimantan Tengah. adalah mereka selalu menang dalam pertempuran melawan musuh yang akan merampas tanah dan panen masyarakat setempat. Mereka akhirnya mendapat gelar dari Nyai Undang raja di Pematang Sawang yaitu gelar  “Tumenggung Tambun Terjun Ringkin Duhung dan Tumenggung Bungai Andin Sindai”.

Atas semua perjuangan Tambun dan Bungai, banyak orang yang menciptakan kebudayaan untuk mengenang Tambun dan Bungai salah satunya adalah Tarian Tambun Bungai.

Tari Balean Dadas


Seperti halnya Tari Belian Bawo, Tari Tradisional Balean Dadas merupakan tari tradisional dari Kalimantan Tengah yang awalnya dipergunakan untuk meminta kesembuhan kepada tuhan bagi masyarakat yang sedang sakit.

Para penari Balean Dadas menari memakai pakaian adat dayak yang khas penuh dengan warna warni, Seperti warna hitam, putih, merah, hijau, dan kuning. Dulunya tarian Balean Dadas untuk memohon kesembuhan kepada Ranying Hatala langit (Tuhan) bagi mereka yang sakit. Selain itu, biasanya seorang dukun perempuan atau Balean Dadas ikut dalam tarian ini.

Namun pada saat ini tarian Balean Dadas telah dimoderenisasi dan menjadi sebuah tarian pertunjukan yang ditampilkan pada acara-acara penyambutan atau pun acara peresmian.

Baca Juga : Tari Tradisional Baksa Kembang Kalimantan Selatan

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini