Taman Wisata Pulau Kumala Dan Jembatan Repo-Repo

Taman Wisata Pulau Kumala Dan Jembatan Repo-Repo. Banyak tempat wisata unik yang ada di Kalimantan, salah satu nya adalah Pulau Kumala. yang merupakan sebuah delta yang terletak tepat di tengah Sungai Mahakam yang memanjang di sebelah Barat Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi kalimantan Timur.

Pulau Kumala ini di bangun menjadi kawasan taman wisata pada tahun 2000 dan di resmikan pada tahun 2002. Pulau Kumala ini memiliki luas sekitar 76 hektar, dan berbentuk memanjang seperti sebuah kapal besar yang berada di tengah Sungai Mahakam. terlihat unik dan sangat indah Pulau yang satu ini, sehingga tidak salah maka pulau ini di jadikan sebagai Objek Wisata.

Akses ke Pulau Kumala

Taman Wisata Pulau Kumala Dan Jembatan Repo-Repo
Pulau Kumala
Taman Wisata Pulau Kumala ini berjarak sekitar 27 kilometer dari Kota Samarinda dan dapat di tempuh melalui Jembatan Kutai Kartanegara dalam waktu kurang lebih 30 menit. Sedangkan dari Kota Balikpapan yang memiliki fasilitas Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman dan Pelabuhan Semayang yang merupakan akses transportasi udara dan laut di Kalimantan Timur, Berjarak sekitar 130 kilometer yang dapat di tempuh dengan waktu kurang lebih 3 jam lewat jalan darat. Selain itu Taman Wisata Pulau Kumala ini dapat juga di akses dengan transportasi air menggunakan perahu melewati Sungai Mahakam.

Fasilitas Taman Wisata Pulau Kumala

Fasilitas di pulau ini sangat lengkap dan juga sangat terawat. Terdapat Lahan parkir yang luas, Musholla, Hotel, Cottage, Bumi perkemahan, Outlet Cinderamata dan Restoran serta warung-warung yang menjual berbagai makanan khas Kalimantan Timur.

Di pulau ini juga terdapat beberapa wahana permainan yang bisa anda nikmati. Antara lain, Kereta Gantung,Gokart, Jet Coaster, Bombom Car, Kereta Api Mini yang bisa di gunakan untuk mengelilingi Pulau Kumala ini. selain wahana bermain, terdapat juga fasilitas yang bisa anda nikmati, seperti adanya Sky Tower yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter yang bisa anda bisa gunakan untuk menikmati keindahan Pulau dari atas ketinggian.

Selain itu juga terdapat DSJ Resort lengkap dengan kolam renang dan sarana lainnya untuk anda yang ingin beristirahat, yaitu satu-satunya cottage di tengah Sungai Mahakam. di Pulau ini juga terdapat Akuarium Raksasa yang menampung spesies lumba-lumba air tawar, yaitu Pesut Mahakam yang hanya ada di perairan Sungai Mahakam.

Selain fasilitas dan wahana permainan di atas, di Pulau Kumala ini juga menjadi Spot memancing yang ideal bagi anda yang tentu nya hobi memancing.

Jembatan Repo-Repo

Taman Wisata Pulau Kumala Dan Jembatan Repo-Repo
Gembok Cinta
Jembatan ini membentang di atas Sungai Mahakam yang menghubungkan daratan kota Tenggarong dengan Pulau Kumala, Jembatan ini di khusus kan hanya bagi pejalan kaki yang ingin menikmati keindahan Pulau Kumala.

Jembatan Repo-Repo resmi di buka oleh Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari pada tanggal 22 Maret 2016. Jembatan ini memiliki panjang 230 meter dan lebar 3,5 meter. Jalan pendekat pada kedua sisi sepanjang 13 meter. Pondasi jembatan menggunakan pipa baja ukuran 60 cm. Fender sebagai pilar pada bentang utama menggunakan pipa baja 40 cm. Gelegar jembatan menggunakan baja profil 1 dan tiang sandaran jembatan dari baja.

Repo-Repo dalam bahasa kutai yang artinya adalah gembok, sehingga jembatan ini pun menjadi tempat meletakkan gembok cinta sebagai simbol cinta atau pun sebagai kenang-kenangan. maka dari itu jembatan ini pun menjadi alternatif wisata sebelum anda menginjakkan kaki di Pulau Kumala. pemandangan di atas jembatan juga sangat indah, sehingga jembatan ini juga menjadi tempat untuk favorit berfoto bersama keluarga dan teman-teman.

Demikian sedikit informasi mengenai Taman Wisata Pulau Kumala Dan Jembatan Repo-Repo. 

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini