Pesona Wisata Air Terjun Batu Mahasur Kalimantan Tengah

Air Terjun Batu Mahasur terletak kawasan lindung Kota Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Provinsi Kalimantan Tengah. dengan luas 100 hektar, Air Terjun Batu Mahasur menjadi ikon wisata kuala kurun yang memilki keindahan alam dan juga dikenal karena memiliki kekuatan mistis.

Pesona Wisata Air Terjun Batu Mahasur


Berada di lokasi yang strategis, tepat di pusat Kota Kuala Kurun. sehingga memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke Objek wisata yang satu ini. banyak wisatawan yang menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata favorit, baik lokal maupun dari luar Gumas.

Pada musim liburan, Wisatawan yang berkunjung bisa mencapai ratusan orang.

Panorama alam yang disuguhkan objek wisata ini sangat memanjakan mata. Air Terjun Batu Mahasur memiliki ketinggian air terjun sekitar 12 meter, wisatawan yang datang bisa mandi atau hanya bersantai sambil menikmati indah nya panorama alam sekitarnya. dengan rindang nya pepohonan khas kalimantan, menambah sejuknya lokasi objek wisata ini.

Untuk mencapai lokasi Air Terjun, wisatawan terlebih dahulu harus menuruni 74 anak tangga dengan kemiringan mencapai 45 derajat. namun sesampai nya di lokasi air terjun, wisatawan akan di sambut sejuk nya air yang mengalir tiada henti. dan konon air yang mengalir dari bibir air terjun tidak pernah mengering, alias abadi. Selain itu air terjun ini di percaya dapat membuat kulit wajah awet muda dan berbagai macam penyakit bakal sembuh bagi yang mandi menggunakan air terjun ini.

Sedangkan disisi kanan dan kiri air terjun, tumbuh pepohonan rimbun yang ditempelkan papan identitas yang terbuat dari seng bercat warna hijau. Ada banyak jenis pohon yang tumbuh di sekitar lokasi, seperti gerunggang, cengal, meranti, benuas, dan bangkirai.

Baca Juga : Wisata Air Terjun Tosah Kalimantan Tengah

Fasilitas


Di lokasi Air Terjun Batu Mahasur terdapat beberapa fasilitas, seperti gazebo, kamar mandi dan toilet yang dibangun oleh Pemkab Gumas. Selain itu, terdapat juga warung-warung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman.

Akses


Air Terjun Batu Mahasur dapat ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 3,5 jam atau 183 kilometer dari Kota Palangkaraya, Ibu Provinsi Kalimantan Tengah. menuju Kuala Kurun, Ibukota Gunung Mas.

Selama perjalanan wisatawan akan menemui lahan belukar dan beberapa hutan yang sangat hijau.

Lokasi Air Terjun Batu Mahasur hanya berjarak 200 meter dari jalan utama. namun sayangnya, kondisi jalan ketika hendak masuk ke lokasi Air Terjun Batu Mahasur tersebut masih berupa tanah merah yang banyak lubang.

Tiket
Harga tiket masuk Lokasi air terjun sebesar Rp 5.000 per orang.

Demikian tentang Pesona Wisata Air Terjun Batu Mahasur Kalimantan Tengah. Selalu jaga kebersihan dan keasrian tempat wisata yang anda kunjungi.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini