Pesona Pulau dan Danau Kakaban Kalimantan Timur

Pulau Kakaban merupakan satu-satunya pulau di Indonesia yang mempunyai danau di tengahnya. Pulau ini adalah salah satu pulau dari total 31 pulau yang tergabung dalam Kepulauan Derawan. Pulau Kakaban mempunyai luas 774,2 hektar dan di tengah Pulau Kakaban terdapat sebuah danau yang bernama Danau Kakaban.

Pulau Kakaban terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Pulau Kakaban dalam bahasa daerah berarti pulau yang "memeluk"'. Jadi Pulau Kakaban artinya "sebuah pulau yang memeluk danau", karena di tengah Pulau Kakaban terdapat Danau Kakaban.

Berdasarkan laporan yang disusun oleh Kuenen, peneliti dari Belanda saat melakukan ekspedisi Snellius I pada tahun 1929-1933, melakukan penelitian hidrografi dan geologi dengan mengumpulkan sedimen dasar laut. Menurutnya, Pulau Kakaban terbentuk dari atol yang terangkat dari lempeng samudra dari kedalaman 200-300 meter.

Pada awalnya terdapat daratan yang dikelilingi atol, lama kelamaan daratan tenggelam ke dasar laut karena proses geologi. Karang yang membentuk atol ini semakin tinggi, sementara daratan di bagian tengahnya semakin tenggelam sehingga sekarang ini atol pulau Kakaban mencapai ketinggian 40-60 meter di atas permukaan laut. Dan atol setinggi ini diperkirakan terbentuk selama 1 hingga 2 juta tahun.

Pesona Pulau dan Danau Kakaban


http://www.wisatakalimantan.com/2016/08/pesona-pulau-dan-danau-kakaban.html
Pulau dan Danau Kakaban masih sangat murni, karena letak nya yang lumayan jauh dan sangat terpencil. namun tempat wisata ini sangat di gemari oleh wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara karena keunikan nya.

Salah satu nya karena ada nya Danau Kakaban. Danau yang berisi campuran dari air hujan dan rembesan air laut yang masuk melalui pori-pori tanah, yang di sebut juga dengan air payau. dan membuat suatu habitat endemik yang berbeda pada kebanyakan kawasan danau lain yang ada di dunia. Selain Danau Kakaban ada satu lagi danau dengan air payau yang berada di Kepulauan Palau, Micronesia, Laut Tenggara Pasifik.

Di danau Kakaban wisatawan dapat bermain dengan Ubur-ubur yang tidak menyengat. di perkirakan ribuan tahun yang lalu Ubur-ubur yang ada di danau ini terperangkap dan berevolusi untuk dapat berfotosintesis, di mana hampir tidak ada hewan lain yang mampu melakukannya.

Selain itu di danau ini juga terdapat Kehe Daeng yang artinya Lobang Ikan, di saat air laut sedang surut, goa sempit yang semula terendam akan muncul di permukaan sehingga terumbu karang yang memiliki warna-warni serta bintang laut dapat disentuh dengan mudah.

Akses


Pulau dan Danau Kakaban dapat di akses dari Pulau Derawan dengan menggunakan Speedboat dan membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Biota Pulau dan Danau Kakaban


http://www.wisatakalimantan.com/2016/08/pesona-pulau-dan-danau-kakaban.html
Danau unik ini memiliki empat jenis Ubur-ubur, salah satunya adalah ubur-ubur jenis Cassiopea.

Ubur-ubur Cassiopea menempatkan algae pada bagian kakinya, karena ganggang berkepentingan untuk mendapatkan matahari sebagai sarana melakukan fotosistesa. sang Ubur-ubur pun akhirnya berjalan terbalik, dengan kaki ke atas dan kepala ke bawah. Cara berjalan yang unik inilah yang menarik para ilmuwan dan penyelam untuk mengetahui evolusi terhadap fauna laut yang akhirnya berperilaku aneh demi mempertahankan hidup mereka. Catatan para penyelam juga memberikan gambaran, hewan-hewan yang ada di danau ini mempunyai cahaya lebih berwarna warni ketika hari semakin gelap. Diduga, pada danau ini banyak akan dijumpai jenis-jenis baru.

Selain itu di pinggiran pantainya juga tumbuh hutan bakau, yang dihuni oleh banyak jenis kepiting, teripang, dan ular laut. Banyak sekali jenis-jenis hewan yang belum diidentifikasi di kawasan ini.

Dr. Thomas Tomascik, seorang ahli kelautan berkebangsaan Kanada, mengatakan Pulau Kakaban merupakan surga kekayaan biologi yang ada di Indonesia. Misteri bagaimana hewan dan tumbuhan yang terisolasi dalam danau ini merupakan salah satu objek yang sangat diminati oleh ilmuwan untuk diungkap. Karena itu laut ini memang pantas menjadi objek konsevasi alam yang harusnya dilindungi dan dilestarikan.

Demikian tentang Pesona Pulau dan Danau Kakaban Kalimantan Timur. semoga bisa menjadi salah satu tempat wisata favorit anda.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini