Pesona Pantai Kijing Kalimantan Barat


Pantai Kijing terletak di Desa Sungai Kunyit, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

Nama Kijing sendiri berasal dari nama sejenis kerang berbentuk kecil dan memanjang yang banyak terdapat di tepian pantai. Sebelum menjadi lokasi obyek wisata seperti sekarang. Pantai Kijing merupakan tempat hidupnya hutan mngrove dengan berbagai jenis biota laut seperti kepiting, kerang, dan biota laut lainnya.


Pesona Pantai Kijing


Pantai ini memiliki banyak keindahan alam, salah satunya pesisir pantai yang penuh dengan pohon kelapa serta pasir putihnya yang landai. Selain itu, Pantai ini juga dihiasi bukit yang banyak terdapat pohon rindang sehingga suasana nya menjadi sangat sejuk. Ada nya bukit yang mengahadap ke pantai, pepohonan kelapa yang berjajar rapi dan juga tersedianya lapangan gastrek menjadikan pantai ini sebagai objek wisata primadona di Kabupaten Pontianak.

Pantai ini juga menjadi tempat paling tepat untuk menikmati indah matahari yang terbenam di ufuk barat (sunset).

Baca Juga : Wisata Sinka Island Park Kalimantan Barat

Akses

Akses menuju Pantai Kijing sangat mudah untuk dijangkau. wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua dengan waktu tempuh sekitar 3 jam atau berjarak sekitar 70 kilometer dari Kota Pontianak.
Sedangkan akses dari Kota Singkawang lebih dekat, yaitu hanya 15 Kilometer. selama perjalanan menuju Pantai Kijing, wisatawan akan di suguhkan pemandangan yang sangat hijau. karena ada nya sawah-sawah yang berjejer di kanan dan kiri jalan.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Pantai Kijing ini cukup lengkap. terdapat kantin, panggung hiburan, tempat ibadah seperti mushola dan vihara, serta ada nya taman bermain anak-anak.

Kedepanya, Pantai ini di rencanakan sebagai lokasi pembangunan dermaga pelabuhan Internasional Pontianak.

Demikian sedikit tentang Pesona Pantai Kijing Kalimantan Barat.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini