Keindahan Pulau Derawan Bagaikan Surga Dunia

Keindahan Pulau Derawan Bagaikan Surga Dunia
Pulau Derawan
Pulau Derawan terletak di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau Derawan merupakan sebuah tempat wisata yang layak disebut sebagai “surga dunia” karena menghadirkan sebuah keindahan panorama alam, baik diatas laut maupun didalam laut nya yang sungguh mengagumkan.

Keindahan Pulau Derawan Bagaikan Surga Dunia


Dari atas laut, Pulau Derawan menyajikan sebuah hamparan permukaan air laut yang berwarna gradasi biru dan hijau, hamparan pasir putih, barisan pohon kelapa berjejer indah di pesisir pantai dan rumah-rumah sederhana yang menjadi penginapan yang menjorok ketengah laut hampir 100 meter yang membuat wisatawan dapat menikmati beraneka ikan warna-warni dan penyu yang berlalu lalang secara bebas dibawah tempat menginap anda.

Selain itu, Pulau Derawan juga menyajikan wisata bahari yang tak kalah menarik. Di sekitar perairan Pulau Derawan terdapat taman laut yang digunakan untuk wisata diving dengan kedalaman sekitar 5 meter.

Di taman laut ini terdapat beraneka macam biota laut yang hidup dan berkembang secara berdampingan, diantaranya beraneka jenis terumbu karang, gurita, cumi-cumi, ikan pipa, belut pita, ikan skorpion dan kuda laut. Anda juga dapat meninjau beberapa pulau lainnya yang masih berada di sekitar Pulau Derawan yang tentunya memiliki keunikan wisata alam tersendiri, diantaranya ikan pari hitam yang memiliki lebar diameter 6 meter, ketam kelapa, lumba-lumba, penyu hijau, penyu sisik, paus dan dugong.

Tidak jauh dari Pulau Derawan terdapat Danau yang terletak di tengah Pulau. Danau ini menjadi Danau satu-satu nya yang ada di Indonesia yang terletak di tengah Pulau. yaitu Pulau dan Danau Kakaban.

Sungguh "surga dunia" yang sangat mengagumkan, tak heran tempat wisata ini sangat terkenal sampai ke mancanegara dan bahkan menduduki peringkat ketiga teratas di dunia sebagai tempat tujuan menyelam bertaraf internasional.

Keindahan Bawah Laut Derawan
Keindahan Bawah Laut Derawan

Akses


Untuk menuju ke Pulau Derawan pun cukup mudah. wisatawan bisa menggunakan akses darat dan udara. selain itu banyak juga travel yang menyediakan perjalanan ke pulau ini.

Via Darat
Bagi yang sudah berada di Kalimantan bisa dengan jalan darat yang sudah tersambung walaupun di beberapa tempat jalannya masih rusak.
Rutenya: Palangkaraya –> Banjarmasin -> Balikpapan -> Samarinda -> Tanjung Redeb -> Tanjung Batu -> Pulau Derawan.

Rincian Biaya
Banjarmasin-Samarinda (Bus) = Rp. 120.000-150.000
Samarinda – Tanjung Redeb (Travel semacam mobil Avanza)= Rp. 275.000-300.000
Tanjung Redeb – Tanjung Batu (Travel semacam mobil Avanza) = Rp. 100.000
Tanjung Batu – Pulau Derawan (Speedboat) = Rp. 100.000

Via Udara
Untuk via udara dari kota asal ada banyak penerbangan menuju Balikpapan, kemudian dari Balikpapan bisa melalui dua cara, yaitu lewat Berau atau lewat Tarakan. Kedua cara ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing. Yang lewat Tarakan kelebihannya adalah lebih murah dan lebih banyak pilihan penerbangannya dari pada melalui Berau.

Namun yang dari tarakan lebih jauh jalur lautnya untuk menuju Pulau Derawan dan tidak ada speedboat reguler atau untuk umum, sehingga harus menyewa sendiri. Lewat Tarakan lebih mudah bagi yang berangkat secara rombongan.

Sedangkan dari Berau lebih mudah bagi yang sendiri karena ada banyak mobil travel umum menuju Tanjung Batu dan Speedboat umum menuju Pulau Derawan.

Fasilitas

Pulau Derawan menyediakan berbagai fasilitas yang sangat lengkap. seperti cottage, peralatan menyelam, speedboat, restoran dan masih banyak fasilitas lainnya.

Ada banyak tempat pilihan untuk menginap di Kepulauan Derawan, dari tingkat penginapan, homestay sampai Resort semua tersedia, tegantung budget anda yang tersedia.
Tempat yang paling lengkap ada di Pulau Derawan, yang paling murah adalah Penginapan Ilham (Rp. 100.000), untuk Homestay di Rumah penduduk sekitar Rp. 250.000. Di atas itu ada cottage yang di bangun di atas laut (Sekitar Rp. 300.000) serta Resort dengan harga di atas Rp. 500.000 hingga jutaan rupiah.

Alternatif lain untuk tinggal adalah di Pulau Maratua, di sini juga bisa menginap di homestay penduduk, tapi tarifnya lebih mahal sedikit daripada di Pulau Derawan. Yang punya uang lebih juga bisa mencoba menginap di Maratua Paradise Resort yang terkenal, tarinya permalam dari Rp. 990.000,- per orang per malam untuk Water Villa, dan Rp. 660.000,- per orang per malam untuk Beach Villa.

Dua pulau lain yaitu Pulau Nabucco dan Sangalaki cuma ada satu buah resort yang bayarnya pakai dolar.

Atraksi utama di Kepulaun Derawan tentu saja yang berkaitan dengan wisata air dan bawah laut. Ada beberapa pulau yang bisa di kunjungi di Kepulaun Derawan, yaitu Pulau Maratua, Sangalaki, Nabucco, Bakungan, dan Pulau Serta Danau Kakaban.

Aktifitas lainnya yang biasa dilakukan adalah berjemur di pantai, berenang, snorkeling, diving, serta melihat penyu.

Ada banyak tempat penyewaan alat snorkeling di Pulau Derawan dengan tarif sekitar dan Rp. 50.000 per hari. Sedangkan bagi para diver juga tersedia beberapa Dive Centre dengan alatnya yang lengkap.

Demikian sedikit tentang Keindahan Pulau Derawan Bagaikan Surga Dunia. masih banyak keindahan lainnya yang tak tergambarkan. silahkan anda berkunjung ke pulau ini untuk menikmati semua keindahannya.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini