Cagar Alam Pulau Kaget Yang Keindahannya Bikin Kaget

Cagar Alam Pulau Kaget

Pulau Kaget adalah sebuah delta yang terletak di tengah-tengah Sungai Barito yang termasuk dalam wilayah administratif Kecamatan Tabunganen, Barito Kuala, Kalimantan Selatan. belum banyak turis yang menjelajahi tempat ini. Padahal Cagar Alam Pulau Kaget menawarkan keseruan tersendiri sebagai destinasi wisata.

Bekantan Ikon Pulau Kaget
Bekantan

Pulau Kaget sudah ditetapkan sebagai cagar alam berdasarkan SK. Menteri Pertanian No. 788/Kptsum11/1976 dengan luas 85 Ha. Kondisi alam pulau ini cukup kritis karena adanya penebangan pohon, khususnya pohon rambai padi yang merupakan sumber makanan bagi bekantan (Nasalis Larvatus). Bekantan merupakan maskot fauna provinsi Kalimantan Selatan.

Pulau Kaget sendiri adalah sebuah daerah berbentuk delta yang dibentuk dari endapan lumpur yang timbul di dasar sungai. Tanah subur pulau kaget menyediakan mineral bagi berbagai vegetasi yang membentuk hutan lebat dan menjadi habitat beragam satwa liar nan unik.

Tidak ada data resmi yang menceritakan mengapa pulau ini dinamakan sebagai Pulau Kaget. Akan tetapi, banyak yang berpendapat bahwa nama tersebut diambil dari sensasi mengagetkan yang didapat ketika memasuki pulau kaget. Wisatawan akan disambut oleh suara riuh ratusan bekantan di atas pepohonan lebat.

Pesona Pulau Kaget

Pulau Kaget merupakan habitat bagi kera hidung panjang atau yang di sebut juga oleh masyarakat sekitar dengan sebutan monyet belanda (bekantan) dan beberapa jenis burung. Kawasan pulau Kaget juga merupakan salah satu obyek wisata yang berada di dalam kawasan hutan di Kabupaten Barito Kuala.

Cagar Alam Pulau Kaget ini cukup populer karena ada nya habitat bekantan yang merupakan salah satu Primata Unik Ikon Kalimantan. Bekantan merupakan satwa yang dilindungi di tempat ini sekaligus menjadi daya tarik utamanya. Selain Bekantan, Cagar Alam Pulau Kaget juga menjadi rumah bagi kera ekor panjang, lutung, dan berbagai jenis burung langka seperti parkit, elang bondol, kingfisher, dan elang laut. Cagar alam ini juga menjadi rumah untuk berbagai vegetasi penting seperti mangrove (bakau), rambai, nipah, bakung, api-api, pandan dan jeruju.

Untuk dapat melihat bekantan, wisatawan harus datang pada pagi hari. karena hanya pada pagi hari bekantan di pulau ini akan terlihat di pinggiran pulau, sedangkan pada siang hari, bekantan akan kembali masuk ke dalam hutan yang ada di pulau ini.

Baca Juga : Wisata Unik di Pulau Kembang Kalimantan Selatan

Akses

Cagar Alam Pulau Kaget berada dekat dengan Banjarmasin, Ibukota Kalimantan Selatan. untuk dapat menuju ke pulau kaget, wisatawan dapat menaiki speed boat dengan waktu selama 15 menit. sedangkan dengan menggunakan perahu tradisional atau kelotok, waktu tempuh menjadi sedikit lebih lama, yaitu sekitar satu setengah jam. namun selama perjalanan, wisatawan dapat menikmati keindahan tepian sungai barito yang rame dengan aktivitas masyarakat pesisir sungai.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini