Air Terjun Melanggar Dan 9 Air Terjun Lainnya di Kalimantan Barat

Air Terjun Melanggar

http://www.wisatakalimantan.com/2016/08/air-terjun-melanggar-dan-9-air-terjun-di-kalimantan-barat.html
Air terjun Melanggar memiliki nama lain nya, yaitu Banangar, Mananggar, dan Menaggar. Air Terjun ini adalah patahan dari Sungai Landak, Wisata alam berupa Air Terjun ini berada di Desa Merayuh, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat.

Letak Air Terjun Melanggar berada di hulu Sungai Landak, atau sekitar 290 kilometer arah timur laut Pontianak. dengan memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan lebar 60 meter yang menyajikan Panorama Alam yang sangat indah. untuk dapat menikmati keindahan panorama alam Air Terjun Melanggar ini cukup sulit, butuh waktu sekitar 7 jam dari Kota Pontianak ke Kecamatan Air Besar dengan melintasi jalan yang berliku-liku. sedangkan untuk dapat mencapai dasar air terjun, anda harus bersabar melewati jalan setapak yang tertutup dengan semak belukar. namun jika anda tidak ingin melewati semua itu, cukup dengan menikmati keindahan air terjun dari atas, yang juga sangat menakjubkan karena air terjun ini di kelilingi Gunung Pejapa.

Keunikan lainnya dari Air Terjun Melanggar ini adalah dengan luas nya danau yang terdapat di bawah air terjun, yang memiliki luas sekitar 2 hektar dan berbentuk bulat. danau ini dapat di gunakan mandi, berenang, memancing dan melakukan aktivitas lainnya. di sekitar air terjun ini terdapat juga Gua Sanjan yang memiliki air terjun kecil di atas nya dan memiliki lubang gua yang kecil dan berliku-liku, konon sebelum memasuki lubang gua, anda harus mengikatkan tali di mulut gua yang selanjut tali tersebut anda ikatkan ke tubuh atau tangan anda yang nanti nya berfungsi sebagai penunjuk jalan agar anda tidak tersesat di dalam gua ini.

Selain Air Terjun Melanggar, di Kecamatan Air Besar ini juga terdapat 9 Air Terjun lainnya. yang juga tidak kalah mempesona dengan Air Terjun Melanggar.

9 Air Terjun di Kecamatan Air Besar


1. Air Terjun Tepaan
Terletak di Desa Amparjawa, atau sekitar satu jam perjalanan kaki dari Air Terjun Melanggar. Air terjun ini memiliki sungai yang bernama sungai tepaan yang lurus tanpa berkelok-belok sepanjang 3 kilometer.

2. Air Terjun Romboksetin
Terletak di Desa Tengue dengan ketinggian air terjun sekitar 35 meter, di kiri dan kanannya air terjun ini terdapat gunung dengan hutan yang masih alami dengan banyak nya terdapat pohon-pohon rindang khas Kalimantan.

Air Terjun Romboksetin menjadi tempat favorit bagi masyarakat sekitar. karena lokasi nya yang tidak terlalu jauh dari desa dan air nya yang sangat jernih, sehingga banyak masyarakat sekitar yang sering melakukan aktivitas di sekitar Air Terjun ini.

3. Air Terjun Remabo
Terletak di Desa Sekendal dan merupakan patahan dari Sungai Dait. Air terjun Remabo terdiri dari tujuh tingkat, namun untuk dapat ke lokasi ini, anda harus tak harus melewati jalan PT. HPH Batasan yang tidak bisa sembarang orang dapat masuk dan melewati jalan ini.

4. Air Terjun Meroban
Terletak di Desa Amparjawa dengan ketinggian air terjun sekitar 30 meter. Sama hal nya seperti air terjun lainnya, Air Terjun Meroban juga memiliki keindahan alam yang khas dari pulau Kalimantan.

5. Air Terjun Bedawandi
Terletak di Desa Dangeaji, Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Air terjun ini mengalir di Sungai So’ong dan di sekitar air terjun banyak di tumbuhi beraneka tumbuhan dan berbagai jenis anggrek. sedangkan untuk sungai nya memilki air sungai yang jernih dan terdapat banyak jenis ikan. namun untuk sampai ke lokasi ini, dibutuhkan waktu hingga sampai 5 jam dengan berjalan kaki dari desa Serimbu.

6. Air Terjun Berui
Terletak di Desa Serindu atau berjarak sekitar 3 kilometer dari desa Serimbu. air terjun ini memiliki enam tingkat dan di sekitar kawasan air terjun ini terdapat beberapa Tambang Intan Tradisional seperti Tambang Intan Tradisional yang ada di Cempaka, Martapura, Kalimantan Selatan.

7. Air Terjun Ringin

Terletak di Dusun Tejo, Desa Sepangah dan memiliki air terjun tiga tingkat. sedangkan untuk dapat mencapai air terjun ini, anda harus berjalan kaki selama 1 jam.

8. Air Terjun Padelembayung
Terletak di Desa Betiang dan memilki ketinggian sekitar 100 meter. namun lagi-lagi waktu yang di tempuh untuk dapat menjacai lokasi air terjun tidak sebentar. Setidak nya di butuhkan waktu sekitar 2 hari dengan berjalan kaki untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Padelembayung ini.

9. Air Terjun Terinting
Terletak di Desa Jambo Tembawang atau dengan tepat nya perbatasan Desa Jambo Tembawang dengan Desa Engkangin. Air terjun ini berasal dari patahan Sungai Ensiang dengan di kelilingi gunung yang masih utuh karena terdapat masih banyak nya pohon-pohon rindang khas Kalimantan.

Sedangkan untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Terinting ini, anda harus sabar dengan berjalan kaki satu hari penuh dengan jarak sekitar 40 kilometer dari Desa Serimbu. meskipun jika menggunakan perahu motor, juga dibutuhkan waktu sehari penuh atau 12 jam. karena setelah tiba di Kuala Terinting, anda masih tetap harus berjalan kaki lagi hingga berjam-jam. dan jika anda ingin beristirahat, di sekitar air terjun ini terdapat beberapa gua yang bisa anda gunakan untuk beristirahat.

Demikian sedikit Informasi tentang wisata Air Terjun Melanggar Dan 9 Air Terjun Lainnya di Kalimantan Barat.
Baca juga Informasi tempat wisata lainnya yang ada di Kalimantan Barat.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini