Wisata Waduk Riam Kanan Desa Aranio

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-waduk-riam-kanan-desa-aranio.htmlWaduk Riam Kanan adalah salah satu waduk terbesar yang ada di Kalimantan Selatan yang terletak di Desa Aranio, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.Waduk buatan ini di bangun selama kurun waktu 10 tahun dengan membendung 8 sungai yang bersumber dari Pegunungan Meratus, serta ada 9 desa yang kemudian di tenggelamkan di area seluas 9.730 hektar ini.

WadukRiam Kanan ini di resmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1973 dan tujuan utama di bangun nya Waduk adalah untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air yang akan di gunakan untuk menerangi wilayah Banjarmasin dan sekitarnya. Debit air Waduk ini tergolong minim yakni hanya 54,39 meter dari debit minimal 56-57 meter sehingga Waduk Riam Kanan termasuk kategori kritis karena hanya bisa mengoperasikan satu dari tiga turbin PLTA Ir. P. M. Noor yang berkapasitas 30 megawatt.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-waduk-riam-kanan-desa-aranio.html
Selama perjalanan mata anda akan di manjakan dengan panorama alam khas Pegunungan Meratus.  Anda akan melewati perkampungan penduduk yang terlihat bersahaja, persawahan yang hijau, bukit bukit kecil dengan di hiasi gumpalan awan dan langit yang membiru. namun anda harus tetap berhati-hati, karena jalan menuju waduk ini cukup berbahaya dan berkelok-kelok.

Anda juga bisa singgah untuk istirahat sambil menikmati keindahan alam Waduk Riam Kanan dengan menaiki bukit kecil yang hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Setelah puas menikmati biru nya air waduk dan sejuk nya udara sekitar, anda bisa melanjutkan perjalanan ke dermaga utama Waduk Riam Kanan.

setibanya di dermaga Riam Kanan, anda di haruskan membayar tiket masuk sebesar  Rp.5000. Di sini terdapat banyak Kelotok (perahu) yang akan membawa wisatawan untuk  berkeliling menikmati keindahan alam yang ada di Waduk Riam Kanan ini. Sedangkan untuk tarif yang harus di bayarkan untuk sekali perjalanan adalah Rp. 15000 per orang.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-waduk-riam-kanan-desa-aranio.html
Selama berkeliling dengan Kelotok, anda bisa menikmati biru nya langit (ketika cuaca cerah) susunan awan-awan yang begitu cantik, hamparan air yang biru kehijau-hijauan, perbukitan yang asri dimana merupakan deretan pegunungan meratus, rumah terapung yang ada budidaya penggemukkan atau pembesaran ikan dan beberapa pulau kecil yang unik, seperti pulau pinus 1 dan pinus 2.

Selain itu, bagi anda yang hobi memancing. Waduk ini juga menjadi spot memancing yang ideal, terdapat banyak ikan air tawar yang menghuni waduk ini. Dan jika anda ingin dapat lebih leluasa untuk menyusuri kawasan Waduk Riam Kanan ini, anda dapat menyewa Kelotok dengan biaya Rp.350.000 per hari nya.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini