Wisata Unik di Pulau Kembang. Kalimantan Selatan

Satu lagi Wisata Unik yang ada di Kalimantan, yaitu Pulau Kembang. Pulau yang merupakan sebuah Delta ini, berada di kawasan Sungai Barito, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, kalimantan Selatan. atau sekitar 1,5 kilometer sebelah barat dari Kota Banjarmasin.

Dan untuk mencapai Objek Wisata ini, Wisatawan dapat menaiki perahu dengan waktu sekitar 20 menit. namun kebanyakan Wisatawan yang berkunjung ke sini setelah mereka selesai mengunjungi Pasar Terapung.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-unik-di-pulau-kembang-kalimantan-selatan.html
Papan Ucapan Selamat Datang
Pulau Kembang merupakan tempat habitat Kera ekor panjang atau yang biasa di sebut dengan Monyet. selain itu Pulau Kembang juga di tetapkan sebagai kawasan Hutan Wisata.

Terdapat ratusan kera yang menghuni Pulau ini, dan kera-kera ini lah yang menjadi daya tarik utama dari Objek Wisata Pulau kembang. karena kera-kera yang menghuni Pulau ini sangat bersahabat dengan pengunjung, namun anda tetap harus berhati-hati dengan barang bawaan yang di bawa saat memasuki Pulau ini. karena kera-kera di sini sangat antusias dengan barang bawaan Wisatawan, sebaik nya anda membawa kacang-kacangan yang nanti nya bisa di bagikan kepada kera-kera penghuni Pulau ini.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-unik-di-pulau-kembang-kalimantan-selatan.html
Kera yang menghuni Pulau Kembang
Selain itu di sini juga terdapat 2 buah Arca yang berbentuk kera putih, yang di sebut juga sebagai Hanoman. menurut cerita yang berkembang Arca tersebut adalah jelmaan Raja Kera, yaitu Hanoman yang sering menampakkan wujud asli nya di Pulau ini. namun menurut cerita lain nya Arca ini adalah bentuk penghormatan oleh warga Tionghoa kepada jasad-jasad orang Tionghoa yang terkubur di Pulau ini.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-unik-di-pulau-kembang-kalimantan-selatan.html
2 buah Arca di Pulau kembang
Konon dahulu nya datang sebuah Kapal Inggris dengan membawa penumpang yang mayoritas nya orang Tionghoa. mereka di ketahui ingin tinggal dan merebut Kerajaan Kuin, namun sebelum niat mereka tercapai, mereka harus menghadapi seorang Patih yang gagah perkasa dan sangat sakti yang bernama Datu Pujung.

Datu Pujung pun memberikan syarat kepada mereka, yaitu dengan syarat mereka harus bisa membelah kayu besar tanpa alat dan senjata. ternyata persyaratan dari Datu Pujung tidak di laksanakan mereka, dan mereka malah menghina dan menganggap persyaratan dari Datu Pujung adalah sesuatu yang mustahil. seketika itu pun Datu Pujung membuktikan bahwa syarat yang di ajukan bukan lah sesuatu yang mustahil, dengan mudah nya Datu Pujung membelah kayu besar tersebut dengan kedua tangan nya.

Setelah melihat kesaktian Datu Pujung, mereka tetap tidak percaya dan tetap berniat untuk merebut Kerajaan Kuin. Datu Pujung pun marah dan dengan kesaktian nya, perahu yang mereka tumpangi pun di tenggelamkan Datu Pujung.

Setelah sekian lama perahu tersebut berubah menjadi Pulau, dan konon semua penumpang yang ada di perahu Inggris tersebut menjelma menjadi kera-kera yang sekarang menghuni Pulau Kembang.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini