Wisata Sejarah Tugu Australia Kalimantan Timur

Tugu Australia terletak di area pusat Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. dari Bandara Sepinggan Wisatawan bisa naik angkot sampai ke Terminal Damai. setelah itu di lanjutkan dengan angkot yang berbeda (angkot bewarna biru) dan turun di Lapangan Merdeka. namun jika Wisatawan berangkat dari Pelabuhan Semayang, cukup dengan berjalan kaki dengan melewati Pantai Melawai. Tugu Australia ini juga dekat dengan Lapangan Merdeka dan Rumah Sakit Umum Pertamina.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-sejarah-tugu-australia-kalimantan-timur.html
Tugu Australia

Sekilas penampakan Tugu ini sangat biasa, tidak berukuran besar seperti Tugu lainnya dan hanya berada di taman yang berukuran kecil. namun ternyata Tugu ini sangat bersejarah karena banyak menyimpan cerita sejarah tentang Perang Dunia II.

Tugu Australia merupakan Tugu peringatan yang di bangun oleh Pemerintah Australia untuk memperingati Pasukan Divisi VII Australia yang gugur saat menghadapi Pasukan Jepang pada Perang Dunia II.


Sekitar 270 orang Tentara Australia yang gugur pada saat itu. pasukan ini gugur karena serangan meriam jepang pada saat pendaratan nya di Kota Balikpapan

Tugu ini di dominasi dengan warna putih dan merah bata serta di kelilingi dengan beraneka macam bunga. di bagian depan ini terdapat sebuah Prasasti yang menceritakan Perang Dunia II, berapa jumlah tentara terlibat Perang dan berapa jumlah korban nya.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-sejarah-tugu-australia-kalimantan-timur.html
Prasasti Tugu Australia


Tugu Australia yang bangunan fisik nya yang tidak terlalu tinggi dan di hiasi berbagai macam bunga tak ubah nya seperti taman biasa, sehingga tidak jarang warga yang sering melintas di bundaran sekitar Tugu ini tidak mengetahui ada nya Tugu Australia ini.

Keunikan lain dari Tugu Australia ini adalah saat peringatan Australia dan New Zealand Army Corps (ANZAC DAY) yang jatuh setiap tanggal 25 April.



Setiap tahun nya Perwakilan Kedubes Australia yang berdomisili di Jakarta maupun Balikpapan, Perwakilan Tentara Australia, hingga para Veteran Perang dari Australia melakukan Upacara Penghormatan.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-sejarah-tugu-australia-kalimantan-timur.html
Upacara Tugu Australia
Selain itu, Upacara ini juga sering di hadiri sejumlah pejabat pemerintahan Kota Balikpapan seperti Walikota, Pangdam, Kapolda dan unsur Muspida lainnya.

Upacara di mulai pukul 06:00 WITA dan acara di buka oleh Kedubes, kesan dan pesan dari Veteran yang terlibat langsung pada Perang Dunia II di Kalimantan, di lanjutkan pengibaran bendera Australia dan Indonesia dan di akhiri dengan peletakkan karangan bunga di sekitar Tugu Australia.

Setiap hari minggu, Kawasan sekitar Tugu juga menjadi arena acara Car free Day. berbagai Komunitas memadati kawasan sekitar Tugu hingga Lapangan Merdeka.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini