Wisata Sejarah Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-sejarah-museum-lambung-mangkurat-banjarbaru.html

Museum Lambung Mangkurat terletak di Jl. Jendral Ahmad Yani Km 36 Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan.

Saat di resmikan pada tahun 1979, Museum ini memiliki luas bangunan seluas 2000 meter persegi yang di bangun di atas lahan seluas 15.000 meter persegi. ada beberapa fasilitas gedung yang di miliki Museum Lambung Mangkurat ini, antara lain ada nya Gedung induk pameran tetap 2 lantai, Ruang pameran temporer, Kantor dan Rumah dinas kepala.

Saat Wisatawan memasuki pintu gerbang utama Museum, Wisatawan akan langsung di manjakan dengan bangunan mewah yang mengadaptasi bentuk "Rumah Bubungan Tinggi" Rumah Tradisional Khas Banjar yang berpadu dengan bentuk gaya modern sebagai ruang pameran utama.

Selain itu terdapat juga ruang pameran lain, di antara nya adalah Ruang Temporer, Ruang pameran kain, keramik, Lukisan bergaya eropa. sedangkan untuk Ruang Tata Usaha terdiri dari, Kantor Tata Usaha, Ruang Kepala dan Perpustakaan dengan atap Pisang Sasikat yang unik.

Sejarah Museum

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-sejarah-museum-lambung-mangkurat-banjarbaru.html
Museum yang pertama di dirikan di Kalimantan Selatan adalah Museum Borneo yang di dirikan oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1907 di Banjarmasin.

Usia Museum ini tidak berumur panjang karena pada hari-hari terakhir penjajahan jepang, Museum ini menjadi rebutan penguasa-penguasa pada jaman itu.

Museum yang ke 2 di bernama Museum Kalimantan yang di dirikan berkat usaha serta kegigihan para Budayawan Banua, yang di pimpin oleh Bapak Amir Hasan yang bergelar Kyai Bodan Kejawen.
Museum Kalimantan yang menggunakan Gedung Permufakatan Indonesia ini juga tidak bertahan lama, di karenakan terjadi nya kebakaran yang menghabiskan seluruh bangunan Museum Kalimantan.



Museum yang ke 3 adalah Museum Banjar yang di dirikan pada tahun 1967 oleh keputusan Gubernur Kalimantan Selatan saat itu. pada tanggal 8 mei 1967 untuk koleksi Museum di simpan di sebuah bangunan rumah Bapak Abdul Ghafar Hanafiah di Jl. MT Haryono Banjarmasin, yangn di sewa sebagai Gedung Museum Banjar sementara.

Museum yang ke 4 adalah Museum Lambung Mangkurat yang ada hingga sampai sekarang. lahir Museum ini memiliki riwayat yang sangat panjang, dari Museum Borneo, Museum Kalimantan, Museum Banjar, hingga menjadi Museum Lambung Mangkurat.

Demikian sekilas tentang Museum Lambung Mangkurat. anda bisa berwisata sejarah menikmati keunikan-keunikan di setiap sudut bangunan Museum dan juga dapat menambah pengetahuan dengan melihat-lihat koleksi di Museum Lambung Mangkurat ini.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini