Wisata Sederhana Nan Unik di Kota Air Muara Teweh

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-sederhana-nan-unik-di-kota-air-muara-teweh.html


Muara Teweh merupakan sebuah Kota kecil yang berada tepat di tepi Sungai Barito. yang merupakan Ibukota Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah.

Muarah Teweh dapat di akses melalui jalur darat maupun jalur udara. perjalanan darat melalui Kota Palangkaraya membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 8 jam dengan Rute Palangkaraya - Buntok - Muara Teweh. sedangkan dari Kota Banjarmasin, Muara Teweh dapat di akses melalui Rute Banjarmasin - Martapura - Rantau - Kandangan - Amuntai - Tamiang Layang - Muara Teweh.

Muara Teweh yang di sebut juga sebagai Kota Air ini memiliki keunikan dan kearifan lokal nya yang sederhana namun berkesan. banjir di Muara Teweh merupakan genangan air yang bisa bertahan berbulan-bulan sehingga di Kota Air ini banyak terdapat Rumah Apung atau Lanting (dalam bahasa banjar) yang dapat mensiasati apabila terjadi nya banjir.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-sederhana-nan-unik-di-kota-air-muara-teweh.html
Deretan Rumah Apung


Di Kota Air ini Wisatawan dapat menikmati sensasi menaiki perahu kecil atau Kelotok (perahu khas Kalimantan) menyusuri Sungai Barito untuk melihat-lihat Rumah Apung atau pun hewan-hewan yang berada di pinggiran Sungai Barito.

Dan apabila Wisatawan datang ke Kota Air ini pada bulan Febuari hingga bulan Maret. Wisatawan dapat menikmati buah Durian Papaken Khas Kalimantan yang hanya ada pada bulan-bulan tersebut.

Selain itu Wisatawan juga dapat melihat Cagar Alam Pararawen dan melewati jembatan K. Haji Hasan Basri. jembatan yang membentang di atas Sungai Barito ini juga merupakan salah satu Ikon dari Kota Air Muara Teweh.

Di Kota Air ini juga terdapat Hutan Muara Teweh, yang memiliki tanaman unik bernama Kayu Bakah yang konon, air dari Kayu Bakah ini sangat sejuk dan dapat langsung di minum.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini