Wisata Pendulangan Intan Cempaka Kalimantan Selatan

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-pendulangan-intan-cempaka-kalimantan-selatan.html
Pendulangan Intan Cempaka
Pendulangan Intan Cempaka adalah lokasi Pendulangan Intan dan Emas yang di olah secara Tradisional. berlokasi di Kecamatan Cempaka, Kabupaten Banjarbaru, Kalimantan Selatan. atau 7 kilometer dari Kota Banjarbaru dan 47 kilometer dari Kota Banjarmasin.

Lokasi Pendulangan Intan yang terbanyak berada di kawasan Sungai Tiung dengan 2 titik yang paling terkenal, lokasi Pumpung dan Ujung Murung. di 2 lokasi tersebut menjadi favorit nya para Pendulang untuk mencari Intan secara Tradisional. para Pendulang Tradisional ini di perkirakan sudah ada pada zaman kolonial.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-pendulangan-intan-cempaka-kalimantan-selatan.html
Salah satu lokasi Pendulangan 

Lokasi Pendulangan bisa mencapai kedalaman 15 meter dan para para Pendulangan bisa menghabiskan waktu seharian mendulang dengan menggunakan alat Tradisional yang di sebut dengan Linggangan.

Linggangan berbentuk kerucut dan seperti caping terbalik dan terbuat dari kayu.

Sedangkan untuk mengambil air dan mencuci hasil temuan di gunakan pompa listrik.



Para Pendulang biasa nya bekerja secara kelompok. terdiri dari 10 hingga 15 orang per kelompok nya. ada beberapa hal unik yang tidak boleh di lakukan dan di ucapkan selama berada di Pendulangan Intan, baik itu pengunjung terlebih bagi para Pendulang. salah satu nya tidak boleh menyebutkan kata Intan atau Berlian. para Pendulang di sini percaya penyebutan kata tersebut dapat membuat batu mulia Intan akan pergi sehingga untuk mengganti kata Intan mereka menyebut nya dengan Galuh.


http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-pendulangan-intan-cempaka-kalimantan-selatan.html
Beberapa para Pendulang

" Di bumi nang sugih kaya basambunyian batu mulia. wadah basimpan di dalam bumi, jadi idaman saluruh nagari "

Di bumi ku yang kaya tersembunyi batu mulia. tempat nya tersimpan di dalam bumi, menjadi idaman seluruh negeri.

Isi penggalan lagu berbahasa banjar yang berjudul "Galuh Cempaka" di ciptakan oleh lokal M.Thamrin.


Lagu yang menggambarkan betapa kaya nya bumi Kalimantan, khusus nya Kalimantan Selatan. hingga ke dalam perut bumi sekalipun masih tersimpan batu mulia yang sangat bernilai tinggi.

Sejarah

Pada tanggal 26 Agustus 1965, warga banjar di gemparkan dengan penemuan batu Intan sebesar telur burung merpati. konon Intan tersebut di temukan oleh kelompok Pendulang yang di ketuai H Madsalam.



Intan tersebut memiliki berat 166,75 karat dan harga nya pada saat itu di taksir mencapai Rp. 10 Triliun dan menjadi lebih mahal setelah di asah menjadi Berlian. Intan tersebut pun di beri nama Intan Trisakti oleh Presiden pertama Indonesia, yaitu Bapak Soekarno.

Para penemu Intan Trisakti berjumlah 43 orang mendapat ganti senila Rp. 3,5 Miliar. namun karena ada Sanering atau perubahan nilai uang dari Rp. 1000 menjadi Rp. 1. akhir nya uang yang di terima hanya Rp. 3,5 juta. uang balas jasa ini kemudian di pakai untuk naik haji bagi para penemu dan keluarga nya serta pihak yang terlibat, semua nya berjumlah sekitar 80 orang.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini