Wisata Pantai Pagatan Kalimantan Selatan


http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-pantai-pagatan-kalimantan-selatan.html
Sunset di Pantai Pagatan
Terletak di Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. atau sekitar 1 jam dari Kota Batulicin ( Ibukota Kabupaten Tanah Bumbu ) dan sekitar 8 jam dari Kota Banjarmasin dengan jarak kurang lebih 300 kilometer.

Pantai Pagatan adalah salah satu Pantai terbaik yang di miliki Kalimantan Selatan. Pantai yang berada tepat di pinggiran jalan trans Kalimantan ini menyuguhkan panorama alam yang sangat indah dengan hamparan pasir Pantai yang luas dan deburan ombak laut yang sangat bersahabat.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-pantai-pagatan-kalimantan-selatan.html




Pantai ini selalu ramai setiap hari nya, terlebih pada acara adat Mappanretasi yang selalu di gelar setiap tahun nya, di buka pada minggu pertama di bulan April dan berakhir di minggu terakhir di bulan April.

Mappanretasi adalah Ritual Adat Khas Bugis. sebagai ungkapan rasa syukur atas melimpah nya hasil laut dan juga sebagai bentuk permohonan agar terhindar dari bahaya saat melaut.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-pantai-pagatan-kalimantan-selatan.html



Mappanretasi yang di gelar hampir sebulan penuh ini di isi dengan berbagai acara adat serta acara modern yang sangat menghibur. berbagai Tarian Adat di suguhkan selama perayaan Mappanretasi.

Selain itu, Artis lokal sampai Artis Ibukota selalu di datangkan untuk memeriahkan acara ini.


Selama perayaan Mappanretasi, banyak terdapat toko-toko maupun warung yang menjual berbagai macam barang dagangan, dari toko pakaian, souvenir, alat rumah tangga, hingga warung makanan dan warung kopi pun juga ada.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-pantai-pagatan-kalimantan-selatan.html

Untuk fasilitas di Pantai Pagatan sudah cukup lengkap dan bagi Wisatawan yang ingin menginap di sini juga tersedia hotel-hotel atau pun losmen dengan harga yang cukup murah.

Dan apabila Wisatawan tidak kebagian hotel atau pun losmen untuk menginap, masyarakat sekitar juga membuka pintu rumah nya untuk tempat menginap Wisatawan. ada yang berbayar dan ada yang sekedar cuma-cuma.

Berbagai Wahana bermain pun ada di Pantai ini, Wisatawan bisa menyewa Banana Boat atau hanya sekedar berkeliling dengan menaiki Speedboat.

Puncak Mappanretasi di tutup oleh Bupati Tanah Bumbu dan Ketua Adat Bugis dengan menaiki perahu yang membawa beberapa makanan dan minuman serta kepala kerbau sebagai sesajin yang nanti nya akan di labuhkan di laut.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini