Wisata Museum Rumah Bundar Yang Bersejarah


http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-museum-rumah-bundar-yang-bersejarah.html
Kawasan Rumah Bundar

Museum Rumah Bundar berada di kawasan kampung baru Jl. Danau Jempang, Kelurahan Pramusian, Kecamatan Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara. atau sekitar 15 menit dari Bandara Juwata Tarakan. atau berada tepat di samping kantor DPRD Kota Tarakan.

Bangunan ini berbentuk seperti rumah pada umum nya dengan ukuran 6x12 meter persegi, namun di bagian atap nya di buat melengkung atau setengah lingkaran.

Museum Rumah Bundar ini di bangun pada tahun 1945 oleh tentara Australia, sebagai tempat tingga setelah berhasil mengusir tentera jepang. di Museum ini banyak terdapat benda bersejarah, seperti Pedang Samurai, Pedang Algojo Jepang, Baling-baling pesawat tempur, sepatu para penjajah, helm tentara sekutu dan banyak terdapat foto-foto saat terjadi nya Perang Dunia ke 2 di Tarakan.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-museum-rumah-bundar-yang-bersejarah.html
Rumah Bundar Tampak depan

Koleksi lain nya yang ada di Museum Rumah Bundar adalah, kendaraan dan senjata peninggalan VOC. senjata-senjata yang berlabel VOC memang sedikit sekali, namun dengan ada nya senjata-senjata tersebut dapat membuktikan pada jaman dahulu Kota Tarakan menjadi Rute berdagang Berau dan juga Tanjung Selor serta pedalaman Kalimantan lain nya.

Di Museum Rumah Bundar ini Wisatawan akan di bawa pada suasana jaman dulu. selain menjadi Objek Wisata Bersejarah, Rumah Bundar ini juga dapat menjadi Wisata Edukasi buat anda dan anak-anak anda.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini