Wisata Museum Kapuas Raya Kalimantan Barat

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-museum-kapuas-raya-kalimantan-barat.html
Museum Kapuas Raya

Terletak di Jl.Sintang Putussibau, Kelurahan Tanjung Puri, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. atau 15 kilometer dari Bandara Susilo, 18 kilometer dari terminal Sungai Durian dan 24 kilometer dari Pelabuhan Sungai Ringin.

Museum Kapuas Raya di bangun atas inisiatif Trofen Museum di Amsterdam yang mendirikan Pusat Kebudayaan Sintang pada tahun 1822. hal ini berawal dari sejarah bahwa pada jaman dahulu, Belanda pernah menduduki daerah Kalimantan Barat yang bermula pada hubungan dagang dan berlanjut pada penguasaan daerah Kalimantan Barat.

Berdiri di atas tanah seluas 20.000 meter persegi dan bangunan Museum berukuran 25 meter x 50 meter. Museum Kapuas Raya di resmikan pada tanggal 11 Oktober 2008 oleh Bupati Sintang pada periode 2005-2010, yaitu Bapak Drs. Milton Crosby M.Si.

Sebelum nya pada tanggal 29 september 2004 di buat Dukumen Kesepakatan nomor 751.441.75 0003. yang menyepakati di bangun nya Museum Kapuas Raya sebagai Pusat Kebudayan Sintang dan pendidikan bagi masyarakat Sintang.


http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-museum-kapuas-raya-kalimantan-barat.html




Museum Kapuas Raya memiliki 3 ruang pameran utama, yaitu Ruang Sejarah Sintang, Ruang Kebudayaan Sintang dan Ruang Tenun Ikat.

Ruang Sejarah Sintang menginformasikan tentang kapan Sintang di dirikan. juga siapa dulu dan sekarang yang tinggal di Sintang.

Sejarah Sintang di tampilkan dalam bentuk Peta, foto dan juga obyek pendukung lainnya. ada beberapa koleksi yang di tampilkan, salah satu nya adalah sebuah dukumen tertua berupa Peta Pula Borneo yang di buat oleh Johannus Jansonius pada tahun 1657.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-museum-kapuas-raya-kalimantan-barat.html


Ruang Kebudayaan Sintang menginformasikan irama kehidupan 3 etnis besar. yakni Dayak, Melayu dan Tionghoa.

Mulai dari irama hidup kelahiran sampai kematian ada di Ruangan ini.

Terdapat beberapa Obyek yang di tampilkan di ruangan ini, ada koleksi lama dan koleksi baru seperti yang sering di jumpai saat ini, seperti Gaway Dayak, Perkawinan Melayu dan Sembahyang Kubur orang Tionghoa.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/wisata-museum-kapuas-raya-kalimantan-barat.html

Ruang Tenun Ikat sangat dominan. sejak dulu, budaya menenun pada Suku Dayak yang tinggal di Kabupaten Sintang dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kaum perempuan, terutama perempuan yang bermukim di Rumah Betang.

Di dalam sistem kebudayaan leluhur Dayak, tekstil berperan penting dalam kehidupan sehari-hari dan upacara adat.

Suku Dayak dapat membuat tenunan dengan motif yang sangat indah, untuk baju, rok dan selimut.

Museum Kapuas Raya juga memiliki beberapa Ruang Pendukung, antara lain Ruang Lobi Storage, Ruang Program Pendidikan Sekolah, Ruang Panel dan Ruang Staf.

Museum ini memiliki sekitar 600 koleksi, yang terdiri dari tulang, batu, tembaga, kayu, perak, keramik dan kain.

Museum Kapuas Raya di buka dari hari senin sampai hari minggu, senin sampai jum,at di buka pukul 08:00 hingga pukul 15:00 WIB, sedangkan untuk hari sabtu dan minggu di buka pukul 09:00 hingga pukul 15:00 WIB, namun pada hari libur nasional Museum ini di tutup.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini