Tempat Wisata di Kabupaten Lamandau

Kabupaten Lamandau adalah salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah. Ibukota Kabupaten ini terletak di Nanga Bulik. Kabupaten Lamandau adalah Kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Kotawaringin Barat, yang di resmikan pada tanggal 4 Agustus 2002 dengan Ibukota Nanga Bulik.

Kabupaten Lamandau sebelumnya merupakan Kabupaten Kotawaringin Barat, dan pada tanggal 10 April 2003 di keluarkan Undang-undang no 5 tahun 2003, tentang pengukuhan dan pemekaran 8 Kabupaten. maka Kabupaten Kotawaringin Barat di mekarkan dan di tambahkan dengan Sukamara dan Lamandau.

Keadaan Topografi Kabupaten Lamandau terdiri dari dataran rendah, dataran tinggi, rawa, perbukitan dan di aliri sungai-sungai yang menjadi urat nadi perekenomian Kabupaten ini.

Kabupaten ini memiliki semboyan Bahuam Bakuba yang berarti Musyawarah untuk Mufakat. memiliki 8 Kecamatan, 3 Kelurahan, dan 79 Desa yang memiliki beberapa Objek Wisata yang bisa anda kunjungi.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/tempat-wisata-di-kabupaten-lamandau.html
Tugu selamat datang Kabupaten Lamandau
Batu Batongkat adalah salah satu Objek Wisata alam dengan perbukitan dan batuan besar yang menyerupai sebuah buritan kapal. Terletak di Desa Kubung, Kecamatan Delang.

Menurut Legenda masyarakat Delang, konon dulu nya batu ini merupakan sebuah bagian kapal yang pecah karena katukan dan berubah menjadi batu. bagi Wisatawan yang ingin menaiki batu ini di wajibkan menyadarkan tongkat kayu khusus ke dasar batu dengan tujuan agar kutukan Batu Betongkat tidak terjadi lagi.

Bukit Sebayan terletak di Desa Kudangan, Kecamatan Delang. Objek Wisata di sini menawarkan keindahan panorama alam serta flora dan fauna nya. selain itu, Bukit Sebayan juga menjadi surga nya penganut agama kaharingan yang sering mengadakan Ritual Tiwah.

Rumah Betang adalah Rumah Adat Dayak Tomun.rumah ini memiliki desain unik dan sangat panjang. di Rumah Betang ini lah tempat melangsungkan nya acara-acara adat serta menjadi tempat musyawarah para pemuka adat.

Sendang Biru terletak di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Methobi Raya, Kabupaten. Sendang Biru merupakan Objek Wisata alam yang berada di kaki bukit yang mempunyai pesona alam yang sangat menawan.

Bukit Sampuraga terletak di Desa Karang Besi, Kecamatan Belantikan Raya. Bukit ini memiliki batu besar seperti pecahan kapal, konon batu besar yang ada di Bukit Sampuraga ini adalah pecahan kapal dari Batu Betongkat.

Air Terjun Palikodan terletak di Desa Palikodan, Kecamatan Bulik Timur. Objek Wisata alam ini merupakan sungai jernih yang dangkal dan mengalir sangat deras. Wisatawan yang memiliki hobi Arung Jeram sangat cocok untuk menyalurkan hobi nya di Air Terjun Palikodan ini.

Demikian sekilas beberapa Objek Wisata yang ada di Kabupaten Malandau yang bisa Wisatawan kunjungi.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini