Taman Nasional Tanjung Puting Yang Sudah Mendunia

Taman Nasional ini terletak di semenanjung barat daya Provinsi Kalimantan Tengah. secara geografis Taman Nasional ini meliputi beberapa wilayah Kecamatan antara lain, Kecamatan Kumai, Kecamatan Seruyan Hilir dan Kecamatan Hanau.

Taman Nasional Tanjung Puting merupakan perwakilan ekosistem hutan hujan tropika dataran rendah. di mana di dalam nya terdapat 7 tipe vegetasi, yaitu hutan gambut rawa, hutan ilalang, hutan rawa, hutan nipah, hutan kerangas, hutan tanah kering dan hutan bakau (Mangrove).

Dalam kawasan hutan Taman Nasional Tanjung Puting terdapat berbagai jenis tumbuhan yang di percaya masyarakat sekitar sebagai Obat Tradisional seperti Pasak Bumi dan lain-lain.

Fauna di Taman Nasional Tanjung Puting ini juga sangat beragam. terdapat 38 jenis mamalia, 200 jenis burung, 16 jenis reptilia dan 9 jenis primata. namun yang paling terkenal adalah Orang Utan.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/taman-nasional-tanjung-puting-yang-sudah-mendunia.html
Orang Utan
Untuk mencapai Taman Nasional ini, anda akan melewati sungai selama 3,5 jam menggunakan Perahu yang sudah di Modifikasi sedemikian rupa sehingga Wisatawan bisa melakukan Tour Perahu selama beberapa hari untuk menikmati keindahan alam Taman Nasional Tanjung Puting.

Selain itu, yang paling menarik dari Taman Nasional ini, anda dapat menyaksikan langsung habitat asli nya Orang Utan. mereka hidup bersama Primata dan Satwa lain nya untuk menjaga kelestarian alam Taman Nasional ini.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/taman-nasional-tanjung-puting-yang-sudah-mendunia.html
Perahu yang di gunakan untuk melakukan Tour

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/taman-nasional-tanjung-puting-yang-sudah-mendunia.html
Ranjang di dalam perahu

Tempat-tempat yang akan Wisatawan singgahi adalah :

1. Tanjung Harapan Desa Sekonyer

Terletak di zona pengambangan Taman Nasional Tanjung Puting. kawasan ini cocok untuk kegiatan Ekowisata, di lengkapi dengan sebuah pusat informasi, guest house dan menara ovservasi. di sini juga di adakan pemberian makan Orang Utan di sore hari sekitar pukul 17:00.

2. Pesalat

Pesalat adalah area Zona Reboisasi yang secara khusus di tetapkan untuk Program Reboisasi. Wisatawan di beri tanaman bibit pohon yang sudah di sediakan, nanti nya setiap Wisatawan di wajibkan menanam bibit pohon dan di beri papan nama sesuai nama Wisatawan yang menanam nya.

3. Pondok Tangguy

Pondok Tangguy di tetapkan khusus untuk Program anak Orang Utan. di zona ini Wisatawan dapat memberi makan langsung anak Orang Utan pada pukul 09 pagi.

4. Camp Leake

Camp Leake di khusus kan untuk zona pengembangan dan penilitian Orang Utan. di sini Wisatawan dapat melihat Orang Utan yang hidup liar.

5. Sungai Buluh Besar dan Buluh Kecil

Di sini terletak 2 sungai dengan air hitam yang terbelah oleh pulau kecil yang ada danau di tengah nya. di sini Wisatawan dapat melihat berbagai jenis burung.

6. Sungai Cabang

Sedangkan di sini adalah zona pengembangan tradisional yang menawarkan pantai dengan pasir yang indah. di pantai ini juga terdapat sarang Penyu Hijau.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini