Pesona Taman Nasional Gunung Palung Kalimantan Barat

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/pesona-taman-nasional-gunung-palung.html
Orang Utan
Taman Nasional Gunung Palung
adalah sebuah Taman Nasional yang terletak di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. atau sekitar 30 menit dari Kota Pontianak menggunakan jalur udara.

Taman Nasional ini memiliki luas 90.000 hektar, yang terbentang di Kecamatn Matan Hilir, Matan Utara, Sukadana, Simpang Hilir, Nanga Tayap dan Sandai.

Di kawasan Taman Nasional ini terdapat Gunung Palung yang memiliki ketinggian 1.116 meter. Taman Nasional ini juga memilki Ekosistem yang terlengkap di antara Taman-taman Nasional lainnya yang ada di Indonesia. ada sekitar 2.200 ekor orangutan, bekantan dan mamalia lainnya dengan jumlah terbesar di Taman Nasional Gunung Palung.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/pesona-taman-nasional-gunung-palung.html
Gunung Palung

Seperti di daerah Kalimantan lainnya. di kawasan Taman Nasional ini juga di tumbuhi Pohon-pohon rindang khas Kalimantan. seperti pohon ulin, pohon damar dan berbagai tanaman yang bisa di jadikan obat tradisional.

Tumbuhan lainnya yang juga tergolong unik adalah Anggrek Hitam yang sering terlihat di Sungai Matan pada bulan Febuari hingga pada bulan April. Anggrek Hitam memiliki daya tarik yang terlihat pada bentuk bunga nya yang memiliki warna hijau dengan kombinasi bercak hitam pada bagian tengah bunga nya, dan dapat mekar selama 5 sampai 6 hari.

Selain itu, di Taman Nasional ini ada sekitar 35 jenis mamalia yang berperan sebagai pemancar biji tumbuhan di hutan. dan juga tercatat ada 190 jenis burung di sini, kemungkinan besar seluruh burung yang ada di Kalimantan ada di Taman Nasional ini.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/pesona-taman-nasional-gunung-palung.html
Selain beraneka macam burung, di kawasan Taman Nasional ini juga sering terlihat berbagai macam jenis satwa, seperti orangutan, bekantan, beruang madu, bajing tanah bergaris empat, ayam hutan, kijang, kancil, kukang, buaya siam, penyu tempayan, kura-kura gading dan yang paling unik serta sangat langka ialah, Tupai Kenari.

Taman Nasional Gunung Palung merupakan satu-satunya kawasan hutan Tropika Dipterocarpus yang terbaik dan terluas di Pulau Kalimantan. sekitar 65 persen kawasan nya masih berupa hutan primer yang tidak terganggu oleh aktivitas manusia, dan memiliki banyak komunitas tumbuhan serta satwa liar.

Di Taman Nasional Gunung Palung ini, Wisatawan juga akan melihat pegunungan yang selalu tertutupi kabut awan, terlebih pada pagi hari. sungguh menjadi liburan yang menyenangkan dapat menikmati panorama alam yang sangat indah dan sangat mempesona.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini