Lok Laga. Haruyan Kalimantan Selatan

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/lok-laga-haruyan-kalimantan-selatan.html
Bendungan Belanda Lok Laga
Lok Laga. adalah Objek Wisata alam yang terletak di Kampung Mu'ui, Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan. atau berjarak sekitar 21 kilometer dari pusat Kota Barabai dan sekitar 4 jam dari Kota Banjarmasin.

Lok Laga menawarkan panorama alam pegunungan dengan pepohonan yang rindang dan air sungai yang jernih serta sangat dingin. di sini juga terdapat banyak bebatuan besar yang bisa di gunakan untuk duduk-duduk santai sembari menikmati keindahan alam sekitar.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/lok-laga-haruyan-kalimantan-selatan.html
Sungai Lok Laga

Di balik keindahan panorama alam nya, Lok Laga menyimpan sebuah legenda yang cukup menarik.

Menurut cerita pada jaman dahulu di sebuah kampung pedalaman, seorang kepala adat sedang melaksanakan pernikahan putri tunggal kesayangan nya. maka di adakan lah acara pernikahan dengan arak-arakan pengantin selama tujuh hari tujuh malam.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/lok-laga-haruyan-kalimantan-selatan.html
Sunrise di Perbukitan Lok Laga
Undangan pun di sebar, banyak tamu undangan yang datang dari berbagai suku dan daerah, ada yang datang dari perbukitan, pegunungan, hingga dari seberang lautan.

Singkat cerita, pengantin pria dan wanita duduk bersanding di perahu yang berbentuk naga. kedua mempelai pun mulai mengarungi sungai hingga mereka sampai di liang (bagian sungai yang dalam) yang terdapat di teluk.

Entah karena apa, tiba-tiba ekor dari perahu naga bergerak-gerak dan kepala naga mulai menganga. lidah sang naga menjulur dan kedua mata nya membesar seperti sedang marah. melihat kejadian itu, sang pawang yang juga kepala adat langsung mengayunkan Parang dan menebas kepala naga, kepala naga pun langsung terputus. sejak kejadian itu, tempat tersebut di namakan Lok Laga.

Sekilas cerita dari Lok Laga, sebuah desa kecil yang menawarkan panorama alam yang indah dengan aliran sungai nan jernih.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini