Keindahan Pantai Ujung Pandaran Sampit. Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah yang terkenal dengan luas hutan nya ternyata juga menyimpan beberapa Wisata Bahari yang tidak kalah dengan Wisata Bahari yang ada di Pulau Kalimantan lain nya. yaitu Pantai Ujung Pandaran.

Pantai Ujung Pandaran berada di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah.

Berada di 80 km ke arah Selatan Kota Sampit. Pantai ini membentang puluhan kilometer dari Kotawaringin Timur hingga ke perbatasan Kabupaten Seruyan. Pantai ini juga berbatasan langsung dengan Laut Jawa, sedangkan untuk jenis Pantai ini adalah Pantai yang landai.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/keindahan-pantai-ujung-pandaran-sampit-kalimantan-tengah.html
Sunset di Pantai Ujung Pandaran
Pantai ini memiliki butiran pasir Pantai yang putih dan halus dengan Panorama alam nya yang sangat indah. selain itu Pantai ini juga memiliki berbagai kekayaan Biota Laut, seperti Ikan Pari, Ubur-ubur dan Ikan lain nya yang menghuni Terumbu Karang nya.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/keindahan-pantai-ujung-pandaran-sampit-kalimantan-tengah.html
Acara adat di Pantai Ujung Pandaran
Pada setiap tanggal 10 Syawal, para nelayan di sini akan bergotong royong membersihkan Pantai untuk melakukan Ritual Adat yang di lakukan setiap tahun nya. Ritual Adat yang di sebut dengan Simah Laut, adalah merupakan Ritual Tolak Bala yang di percaya oleh nelayan di Pandaran sebelum mereka memulai melaut mencari ikan. para nelayan di sini mempercayai bahwa dengan menggelar acara Simah laut, mereka akan terhindar dari segala Bala bencana selama mencari ikan di laut dan akan melimpah nya hasil laut yang akan mereka dapat.

Pembukaan acara Simah Laut biasa nya di buka oleh Gubernur, Bupati serta jajaran Pemerintahan Kalimantan Tengah. selain itu juga akan di meriahkan oleh rombongan Putra-putri Daerah yang memakai baju adat Kalimantan Tengah.

Rombongan akan di sambut oleh Tetua Adat masyarakat Ujung Pandaran yang juga merupakan Pawang Simah Laut. rombongan akan menaiki lantai panggung dan mengililingi miniatur Rumah Betang ( rumah khas dayak ) dan menaiki perahu sepanjang 1,5 meter dengan lebar 0,5 meter.

Rombongan juga membawa sesajin beraneka wadai ( kue tradisional ) antara lain, apam, cucur, bubur merah, bubur putih, wajik, telur dan yang paling utama dari sesajin ini adalah kepala kerbau. selanjut nya semua sesajin tersebut akan di hanyutkan di laut.

Suasana di Pantai Ujung Pandaran akan sangat ramai, karena yang mengikuti acara Simah Laut peserta nya ribuan orang yang terdiri dari 14 Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Tengah.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini