Keajaiban Alam Yang Ada di Bukit Kelam


http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/bukit-kelam-kalimantan-barat.html
Bukit Kelam
Bukit Kelam adalah sebuah gunung yang terletak di 20 km dari kota sintang dan sekitar 395 km dari kota Pontianak, Kalimantan Barat.
gunung yang membentang dari barat ke timur ini memiliki ketinggian 1.002 mdpl atau sekitar 4-5 jam waktu yang di butuhkan untuk mendaki nya.

Gunung atau yang lebih di kenal dengan sebutan Bukit Kelam ini, merupakan salah satu habitat yang di kenal paling penting di dunia untuk tamanan kantong semar dan juga anggrek hitam.
selain itu masih banyak terdapat beruang madu, trenggiling dan walet-walet yang menghuni goa-goa di gunung ini.

Gunung yang merupakan sebongkah batu raksasa monolit dan di klaim sebagai batu terbesar di dunia ini mampu menghadirkan suasana alam yang eksotis, sehingga mampu mendatangkan wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Dari puncak gunung ini mata anda akan di manjakan dengan indah nya sungai kapuas dan sungai melawi dari kejauhan. hutan lebat serta goa-goa yang di huni ribuan kelelawar dan burung walet akan menambah daya tarik tersendiri dari gunung ini.

Bagi anda yang hobi panjang tebing silakan pacu andrenalin anda pada tebing di sebelah selatan yang berdiri tegak hampir 90 derajat. puncak bukit juga tempat yang ideal bagi olahraga paralayang dan gantole.

Keberadaan bukit kelam ini tidak bisa di pisahkan dari legenda bujang beji dan temunggung marubai
kedua nya merupakan nelayang di tanah sintang, bujang beji menguasai sungai kapuas sedangkan tumenggung marubai menguasai sungai melawi. singkat cerita bujang beji iri kepada tumenggung marubai yang mendapatkan ikan lebih banyak dari nya. sehingga bujang beji berniat menghalangi sungai melawi dengan batu besar.

Bujang beji pun pergi ke hulu sungai kapuas untuk mencari batu besar dan setelah mendapatkan batu besar di bukit nanga silat, sesampai nya di persimpangan aliran sungai melawi dan sungai kapuas.
namun tiba-tiba muncul dewi surgawi dan menertawakan nya, mendengar gelak tawa dewi surgawi, bujang beji pun marah dan tali pengikat batu besar yang terbuat rumput pun putus, sehingga batu tersebut jatuh di lembah bernama jetak. bujang beji pun berusaha kembali mengangkat batu tersebut namun batu tersebut sudah melekat di lembah jetak, dan lama kelamaan batu tersebut menjadi sebuah bukit yang di kenal dengan sebutan bukit kelam.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini