6 Wisata Alam Yang Menarik di Kabupaten Bulungan

Bulungan atau yang dahulu di kenal dengan Kabupaten Bulongan. yang pada jaman dahulu Kabupaten Bulongan terletak di kawasan Provinsi Kalimantan Timur.

Namun pada tahun 1990 Kabupaten Bulongan di mekarkan menjadi 3 Kabupaten dan 1 Kota. yaitu Kabupaten Bulungan, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau dan Kota Tarakan. dan pada tahun tahun 2013, ketiga Kabupaten dan Kota Tarakan serta Kabupaten Tana Tidung memisahkan diri dari Kalimantan Timur dan menjadi bagian Provinsi Kalimantan Utara.

Nama Bulungan sendiri berasal dari sebuah Kesultanan yang dahulu pernah ada di daerah tersebut dan  berkedudukan di Tanjung Palas.

Di Kabupaten Bulungan masih banyak terdapat Hutan-hutan yang lebat dan masih sangat asri, sehingga Objek Wisata Alam di sini sangat menarik untuk di kunjungi. berikut 6 Wisata Alam Yang Menarik di Kabupaten Bulungan.

1. Sungai Kayan

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/6-wisata-alam-yang-menarik-di-kabupaten-bulungan.html
Tepian Sungai Kayan

Sungai Kayan adalah Sungai yang membelah Kota Tanjung Selor, yang Melintasi 3 Kabupaten sekaligus, yaitu Kabupaten Bulungan, Kabupaten Malinau dan Tanah Tidung. Sungai terpanjang di ujung utara Pulau Kalimantan ini mengalir sepanjang 650 kilometer.

Sungai ini sudah sangat terkenal dengan Wisata Arung Jeram nya. banyak Wisatawan yang datang dari luar Kabupaten untuk menguji Adrenalin mereka di sini. namun sekarang Sungai Kayan memiliki banyak Objek Wisata lain selain Arung Jeram, salah satu nya tepian Sungai yang sekarang menjadi tempat Favorit bagi warga sekitar untuk bersantai di sore hari.

2. Sungai Giram

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/6-wisata-alam-yang-menarik-di-kabupaten-bulungan.html
Arus Sungai Giram
Sama hal nya dengan Sungai Kayan, Sungai Giram pun menjadi tempat Favorit bagi Wisatawan yang Hobi Arung Jeram. Sungai ini terletak di Kecamatan Peso, dengan lebar Sungai seluas 50 meter dan panjang sekitar 2 kilometer.

Sungai Giram terkenal sangat deras. bagi Wisatawan yang mau mencoba Sungai ini sebaik nya lebih berhati-hati dan selalu pergunakan alat keselamatan diri.

3. Air Panas Sajau

Air Panas Sajau terletak di Desa Sajau atau 20 menit perjalanan darat dari kota Tanjung Selor.



Air Panas yang berasal dari perut bumi ini bisa dengan mudah mematangkan telur yang di masukkan ke dalam nya, selain itu Air Panas Sajau juga di percaya sebagai Obat Alami yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti penyakit kulit dan penyakit dalam lain nya.

Wisatawan yang ingin mencoba bisa dengan merendam kan tubuh nya ke pemandian Air Panas yang sudah di sediakan pihak pengelola.

4. Gunung Putih

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/6-wisata-alam-yang-menarik-di-kabupaten-bulungan.html
Gunung Putih
Gunung Putih adalah Gunung Kapur berwarna putih yang sangat indah. konon Gunung Putih ini dulu nya menjadi tempat Kesultanan Bulungan untuk melakukan Tafakur atau menenangkan diri di dalam Goa burung yang ada di Gunung ini.

Selain itu di sekitar Gunung terdapat juga Rumah Panggung. di Rumah Panggung ini sering di adakan Kesenian Daerah.

Untuk dapat menikmati keindahan alam sekitar dari puncak Gunung ini, Wisatawan bisa menaiki tangga yang sudah di sediakan sembari menikmati Relief-relief yang terukir unik di sepanjang perjalanan menuju puncak Gunung Putih ini.

5. Air Hutan Gunung Seriang

http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/6-wisata-alam-yang-menarik-di-kabupaten-bulungan.html
Air Hutan Gunung Seriang
Air Hutan Gunung Seriang sangat dekat dengan Kota Tanjung Selor. hanya berjarak 2 kilometer atau 15 menit dengan berjalan kaki, Wisatawan sudah dapat menikmati keindahan alam nya.

Namun Air Hutan Gunung Seriang ini tidak selalu mengalir deras, hanya pada musim penghujan keindahan air nya dapat di nikmati dan apabila musim kemarau, hanya sedikit air yang tersisa di Hutan Gunung Seriang ini.


6. Air Terjun Idaman


http://www.wisatakalimantan.com/2016/07/6-wisata-alam-yang-menarik-di-kabupaten-bulungan.html
Air Terjun Idaman

Hanya butuh waktu sekitar 45 menit dari pusat Kota Tanjung Selor, Wisatawan sudah dapat menikmati indah nya dan sejuk nya Air Terjun Idaman.

Memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan terdapat telaga di bawah nya yang bisa di gunakan Wisatawan untuk mandi. sesuai dengan nama nya Air Terjun Idaman menjadi Idaman Wisatawan lokal untuk melepaskan penat nya kehidupan kota.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini