Tugu Khatulistiwa, Pontianak Kalimantan Barat


http://www.wisatakalimantan.com/2016/06/tugu-khatulistiwa-pontianak-kalimantan.html
Tugu Khatulistiwa Berada Di Pontianak
Salah satu objek wisata yang tidak akan anda temui di kota lain di seluruh indonesia bahkan dunia
ialah Tugu Khatulistiwa atau di sebut juga dengan monument equator.

Berada di pontianak utara kalimantan barat atau 3 kilometer dari pusat kota pontianak.
tugu khatulistiwa ini di bangun pada tahun 1928 dengan bentuk tonggak dan anak panah, selanjut nya di perbaiki pada tahun 1930 dengan menambah lingkaran pada anak panah
dan pada tahun 1938 di sempurnakan oleh opzicter atau architech silaban. namun pada tahun 1990 tugu khatulistiwa ini di renovasi lagi dengan menambah kubah untuk melindungi tugu asli dan di buat juga duplikat tugu dengan ukuran 5 kali lebih besar dari tugu asli nya.

Berdasarkan sejarah berdiri nya tugu ini di karena pada tahun 1928 rombongan ekspedisi internasional yang di pimpin oleh seorang geografi dari belanda untuk mencari titik nol garis khatulistiwa.
namun pada tahun 2005, badan pengkajian dan penerapan teknologi atau di singkat dengan BPPT melakukan koreksi pada titik nol garis khatulistiwa dengan menggunakan GPS
dan hasil pengkuran BPPT menunjukan posisi tugu saat ini tidak berada di titik nol sebenar nya, melainkan di titik 0 derajat, 0 menit, 3.809 detik lintang utara dan 109 derajat, 19 menit, 19.9 detik lintang bujur timur.
sedangkan titik nol yang sebenarnya berada 117 meter ke arah sungai kapuas dari arah tugu saat ini.

http://www.wisatakalimantan.com/2016/06/tugu-khatulistiwa-pontianak-kalimantan.html
Tugu Pada Jaman Dulu
Apabila anda ingin mengujungi tugu yang bertuliskan EVENAAR dalam bahasa belanda atau di sebut juga dengan equator ini, saya sarankan datanglah pada tanggal 21-23 maret dan 21-23 september. karena anda akan mengalami hal yang menakjubkan yaitu titik kulminasi matahari, di mana ketika matahari berada tepat di garis khatulistiwa.
fenomena kulminasi ini menghilangkan bayangan tugu khatulistiwa dan benda-benda sekitar nya.



Fenomena kulminasi ini hanya terjadi di 5 negara, seperti brazil, equador, peru, culombia dan indonesia tentu nya. namun hanya di kota pontianak lah yang benar-benar di lewati garis khatulistiwa.

Sebagai warna negara indonesia kita patut bangga dengan tugu khatulistiwa ini, maka dari itu apabila anda berkunjung ke tugu khatulistiwa ini sebaik nya jangan meninggalkan tulisan-tulisan yang merusak pemandangan sekitar dan jangan buang sampah sembarangan ya.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini