Pasar Terapung, Wisata Unik di Banjarmasin

http://wisatakalimantan1.blogspot.com/2016/06/pasar-terapung-banjarmasin-kalimantan.html
Para pedagang pasar terapung
Salah satu Objek Wisata yang wajib anda kunjungi apabila berlibur ke Banjarmasin, atau yang di kenal juga dengan sebutan Kota Seribu Sungai adalah Pasar Terapung.

Pasar Terapung sudah menjadi ikon nya destinasi Wisata Banjarmasin, Kalimantan Selatan. seiring berkembang nya jaman, Pasar Terapung pun terkenal sampai ke luar negeri, sehingga mampu mendatangkan turis-turis dari berbagai negara.

Pasar Terapung pun sekarang menjadi 3 tempat, yaitu Pasar Terapung lok baintan, Pasar Terapung muara kuin, dan Pasar Terapung siring martapura.

Keunikan pasar ini adalah transaksi jual beli nya yang di lakukan di atas perahu atau kelotok. selain tempat transaksi yang di lakukan di sungai, anda juga akan melihat para pedagang bertukar barang dagangan atau yang biasa di lakukan orang dahulu sebelum ada mata uang yaitu dengan barter.

pasar ini setiap hari ada namun hanya di subuh hari hingga matahari beranjak tinggi saja , yaitu sekitar pukul 05:30 sampai dengan pukul 09:30 pagi.

Untuk menuju ke lokasi Pasar Terapung lok baintan dan muara kuin, Wisatawan dapat menggunakan kelotok. selain lebih cepat sampai ke tujuan, Wisatawan dapat melihat aktivitas masyarakat di pinggiran sungai, selain itu juga Wisatawan dapat menikmati indah nya pemandangan sungai martapura yang masih asri.

Adapun untuk Pasar Terapung siring martapura jarak tempuh nya lebih dekat dan bisa di tempuh dengan menggunakan tranportasi darat.

Di pasar ini anda bisa berbelanja keperluan sehari-hari, dari sayur mayur, buah-buahan, makanan, kue-kue atau biasa orang banjar bilang wadai. selain itu, di sini juga tersedia Suvenir khas Pasar Terapung yang bisa menjadi buah tangan yang sangat menarik tuk di bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Pedagang di sini umum nya perempuan paruh baya atau biasa di sebut acil, mereka sangat ramah dan juga tidak segan untuk bercanda atau bagaya.

Jangan lupa juga untuk mencicipi makanan khas banjar, yaitu Soto Banjar. selagi anda mencicipi Soto Banjar, anda bisa bagaya dengan acil-acil yang bungas-bungas sembari menikmati pemandangan di atas kelotok.

Baca juga : Jembatan Barito, Jembatan Kebanggan Kalimantan Selatan

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini